3 Profesi/Bidang IT yang mempunyai prospek dimasa yang akan datang.

3 Profesi/Bidang IT yang mempunyai prospek dimasa yang akan datang.

Perkembangan bidang TI (Teknologi Informasi) saat ini kian pesat. Bidang IT saat ini wajib dimiliki oleh berbagai level perusahaan, mulai dari pemerintahan, perusahaan menengah dan perusahaan berskala besar. Berkembangnya dunia IT sekaligus ikut memberikan kesempatan bisnis baru maupun lapangan pekerjaan yang baru.dan menurut penulis berdasarkan data dan pengalaman penulis pada bidang IT ada tiga bisnis di bidang IT yang populer, diantaranya bisnis perangkat komputer, ISP/Network Provider, dan pembuatan aplikasi terutama aplikasi baik yang berbasis  Desktop Application maupun berbasis website. Berikut ini adalah 3 profesi atau bidang IT yang memiliki prospek dimasa yang akan datang, bidang-bidang tersebut adalah :

  1. System Analyst dan Database Engineer: Beberapa kualifikasi umum yang dibutuhkan oleh system analyst dan database engineer  sebagai berikut memiliki Pendidikan min S1. Pengalaman di bidangnya min 3 tahun. Usia maksimal 40 tahun. Mahir membuat software database windows / web sesuai kebutuhan perusahaan, pengolahan, dan maintenance database. Pengalaman mendevelop Business Intelligence/Datawarehouse/OLAP adalah sustu nilai tambah. Jujur, bertanggung jawab, cepat belajar hal-hal baru, ramah, berorientasi customer service, mampu bekerja mandiri dengan minimal supervisi maupun sebagai tim. Menguasai pemrograman visual windows dan web, programming (NET, VB, Delphi, PowerBuilder, Clarion, dll) dan konsep RDBMS (SQL Server/Oracle/MySQL/ASA, dll)
  2. Network Administrator, kualifikasinya ialah D3 / S1 bidang Ilmu Komputer. Usia 25-30 tahun. Pengalaman di bidang IT Network / Network Administrator 2-3 tahun. Memahami LAN, WAN, Mailserver, PDC/BDC, Linux / Free BSD. Menguasai Linux Redora Server. Menguasai secara mendalam win2000 administration tool. Mengikuti perkembangan TI terkini. Memiliki motivasi kerja yang tinggi, energik, dan kreatif. Mampu berbahasa inggris aktif, lisan maupun tulisan. Tugas dan tanggung jawab antara lain maintain dan perawatan jaringan LAN. Archive data. Maintain dan perawatan computer
  3. IT Programmer memiliki kualifikasi, Lulusan S1 Teknologi Informasi. Menguasai PHP, Java, OOP, MySQL, VB. NET/C#, C++. Pengalaman min 2 tahun. Mampu berbahasa inggris aktif, lisan maupun tulisan. Usia 20-30 tahun. Mampu melakukan Presentasi. Dapat bekerja dalam Tim. Tanggung jawab pada profesi ini adalah ambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak. Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak. Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan. Menyediakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal. Bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan.

Namun pengalaman akan sangat menentukan di dalam profesi yang telah di sebutkan di atas, pengalaman akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan profesionalisme di luar pendidikan formal yang kita emban.

Leave a comment